Jumat, 21 Agustus 2015

Contoh Naskah Film Fiksi dan Scriptnya





Perahu Impian

Setiap orang memiliki harapan. Begitu pula dengan panji, sejak kecil dia selalu menulis harapan-harapan dan mimpinya di sebuah perahu kertas yang kemudia ia hanyutkan di danau.dia juga pasrah entah kemana aliran air akan membawa harapan-harapanya kemana tapi ia yakin semua harapanya akan terwujud suatu saat nanti.meskipun bukan anak yang pandai tetapi  Panji adalah anak yang rajin berusaha setiap hari dia harus menempuh 80 km hanya  untuk kesekolah. Dia juga harus bekerja untuk membiayai sekolahnya. Pada suatu saat, panji terjatuh saat akan berangkat kesekolah dia hampir tenggelam di sebuah sungai yang dalam untung saja ada temanya yang membantunya dan membawanya pulang.orang tua panjipun marah dan melarangnya untuk sekolah, panji berontak dengan kata-kata orang tuanya lalu ia berlari kepanatai untuk menyendiri  lalu lagi-lagi ia menghanyutkan perahu kertasnya dan mencurahkan apa yang ia rasakan  saat ini. Setelah itu ia menatap kearah senja matahari yang akan tenggelam ia tersenyum dan berharap semua mimpi yang ia hanyutkan ke aliran air akan terwujud.
Pagi itu panji akan berangkat sekolah tetapi  pasti ayah panji akan  marah dan tetap melarangnya bahkan memukulnya ayahnya selalu berfikir sekolah tidak berguna, ia menyuruh panji untuk bekerja yang menurutnya lebih berguna iapun mulai berangkat sekolah sebelum ayahnya bangun, ia mulai berangkat sekolah dengan bantuan ibunya. Saat  ayahnya bangun ayahnya bertanya kepada ibunya keberadaan panji saat ibunya menjawab ia sekolah ayahnya langsung marah dan menjemput panji, ia diseret dan dipaksa pulang oleh ayahnya.tetapi tetap saja panji ngotot untuk sekolah samapai ia lulus.
Beberapa tahun kemudian panji sudah beranjak dewasa, dia mempunyai keinginan untuk berangkat sekolah ke kota karna di desanya tidak ada sekolah smk, sekolah smp saja hanya ada satu, namun impianya itu tidak mudah, lagi-lagi ayahnya marah,ayahnya tidak pernah suka  dengan sekolah ayahnya berfikir sekolah itu tidak berguna, berbeda degan ibunya ibunya selalu ingin anaknya mencapai impianya saat malam tiba,dan saat ayahnya panji tertidur ibu panji pun menyuruh panji pergi untuk meraih impianya, ibu panjipun memecah celengannya untuk panji pergi ke kota dan bersekolah disana, ibu panjipun mengantar panji ke pinggir pantai kemudian ia berlayar dan menuju kota, dengan perjuangan ibunya dan perlakuan ayahnya iapun berjanji akan bersungguh-sungguh dalam menggapai impianya dan dapat membahagiakan orang tuanya suatu saat nanti.
………………………………………….
Beberapa tahun kemudian setelah Panji sukses ia  kembali lagi ke kampung halaman ia ingin menjemput ayah dan ibunya untuk ikut diia kekota. Ayah dan ibunyapun bangga terhadapnya
Setelah bertemu ayah dan ibunya panji kembali ke danau yang selalu di datanginya dan ia melepaskan sebuah perahu kertas impianya dan ia berharap impian- impian selanjutnya dapat terwujud. Karnya baginya menuntut ilmu akan terus berjalan dan tidak akan pernah putus sampai kapanpun.


Script
 
Scene 1
 INT - Ruang Tamu-Malam Hari
CAST : Panji
(Flash Back)
Bapak
Kamu itu ya,kalau dibilangin orang tua ndak pernah ngerti,emang gunanya kamu sekolah itu buat apa? Ndak ada gunanya ndak penting mending kamu bantuin bapak kerja cari uang
Panji
Bapak iku pripon to, Panji sekolah kan juga buat bapak nanti kalau panji sukses juga buat bapak, panji iku pengen bahagiain bapak sama ibu.
Bapak
Terus hubunganya sama sekolah itu apa? Wes nggak usah ngeles pokoknya bapak tetep ndak setuju sampai kapanpun.
Panji
(Hanya menunduk)

Scene 2
EXT-DANAU-SORE HARI
CAST : Panji 
ALI
(Panji menulis di sebuah kertas lalu kertas yang ditulisinya dibuat perahu kertas dan diluncurkan ke sebuah danau.)
Dialog : (VO)
Setiap orang pasti memiliki cita-cita sendiri. Beberapa orang dapat meraih cita-cita itu dengan mudah, namun beberapa orang lainnya harus berusaha keras untuk mencapainya Aku sudah menulis 50 keinginanku dan kulepaskan.Aku ingin Tuhan menemukan perahuku dan membacanya aku yakin Dia akan membantuku untuk mewujudkanya. Aku hanya Berusaha Melakukan Yang Terbaik, Setiap Saat Dan Setiap Hari
Scene 3
INT -RUANG MAKAN –PAGI HARI
CAST : PANJI IBU DAN BAPAK 
(Ibu membuat kopi dan mengantarnya ke Bapak kemudian panji keluar dari kamar memakai seragam sekolah dia berpamitan kepada ibunya.)
Scene 4
INT-RUANG MAKAN-PAGI HARI
CAST : IBU DAN BAPAK
PANJI
Buk ..Panji pamit berangkat sekolah dulu
IBU
Iya nak,Hati-hati dijalan.
(panjipun segera berangkat sekolah beberapa saat kemudian bapak panji keluar dan meminum kopi yang dibuat ibunya dan bertanya keberadaan panji)
BAPAK
Bu, Panji sudah bangun apa belom mau tak ajak kerja.
(Sambil meminum seteguk kopi)
IBU
Panji sudah berangkat sekolah Pak…
Bapak
(memukul meja)
Apa..Ibu ini bagaimana to, Bapak kan sudah bilang bapak ndak suka kalau panji sekolah buat apa sekolah ndak ada gunanya
IBU
Bapak sudah to kasian Panji dia kan butuh pendidikan,butuh teman buttuh masa depan untuk mengejar cita-cita.


BAPAK
Ahhh ibu selalu belain Panji terus, nanti anak kamu itu jadi anak manja ngrti nggak? Kita itu butuh uang bukan butuh ssekolah.
(bapakpun langsung pergi keluar rumah dan memotongi rumput di samping rumahnya )
IBU
(menggelengkan kepala)
Scene 5
EXT-JALAN LERENG -PAGI HARI
CAST : PANJI  dan TEMAN-TEMANYA.
PANJI DAN TEMAN-TEMANYA
(PANJI Jalan kaki  dan menyusuri jalan lereng pegunungan dan sawah dengan penuh
seamngat untuk menuju sekolah tetapi saat ia bersenda gurau dengan temanya iapun tergrlincir dan terjatuh samapai gulung-gulung dan kepalanya terpental batu. dan badanya memar-memar sampai berdarah)
TEMAN-TEMAN PANJI
Panji….panji.. ayo tolongin
PANJI
Aduhh….aduhh….
(teman-teman panji langsung mengangkat PANJI dan membawanya pulang)
Scene 6
INT-KAMAR- PAGI HARI
CAST : PANJI BAPAK dan  IBU
(setelah sampai didepan rumah Ibu panji kaget melihat Panji dibopong teman-temanya dan menghampiri panji kemudian merebahkanya di kursi depan rumah)
IBU
Panji kenapa kamu le kok bisa kaya gini,kenapa to nak Panji kok bisa berdarah begini
TEMAN-TEMAN PANJI
Panji jatuh buk pas jalan di lereng gunung
IBU
Makasih ya le udah dianterin.
TEMAN-TEMAN PANJI
Iya buk, sama-sama.sudah ya buk..
IBU
 o ya nak hati-hati di jalan ..
(tiba-tiba Bapak datang menghampiri ibu dan panji)
BAPAK
(berkata sama panji sambil mendudingkan telunjuk kepada panji)
Kan sudah bapak bilang ngak usah sekolah. Ini akibat kalau ndak patuh sama orang tua,dibilangin ndak usah sekolah ya ndak usah, ini namanya tidak bahagianin orang tua , tapi bikin susah orang tua , ngerti ngak kamu
IBU
(mengajak panji masuk rumah)
Sudah to pak.. Panji kan lagi sakit
BAPAK
(melototi ibu dan panji)
Scene 7
(panji terbaring di kasur )
(VO)
Kenapa sih Bapak melarangku buat sekolah padahal kan sekolah itu penting, tapi hal ini mengajariku arti kehidupan yang sebenarnya. Aku akan terus perjuangkan impianku untuk sekolah, walaupun aku harus  terpaksa menghadapi berbagai rintangan demi rintangan dalam hidup tetapi..aku yakin bahwa impianku akan tercapai.
(dalam keadaan sakit panji bangun dan mengambil kertas dan keluar rumah)
Scene 8
EXT -SUNGAI-SORE HARI
CAST : PANJI  dan TEMAN-TEMANYA
PANJI
(panji duduk di sungai dengan menulis sebuah tulisan di kertas dan memainkan perahunya sambil menanggis ,kemudian teman-teman panji mengintainya dari belakang dan menghampiri panji )
TEMAN-TEMAN PANJI
Panji kamu ngapain disini, mengapa menanggis ?
PANJI
(terdiam dan bergegas pergi)
TEMAN-TEMAN PANJI
(hanya melihat panji pergi dan terlihat kebingungan)
SCENE : 9
INT -KAMAR -MALAM HARI
CAST :  PANJI
PANJI
(saat PANJI sedang belajar tiba-tiba PANJI mendengar pertengkaran IBU dan BAPAKnya di ruang tamu)
SCENE : 10
INT- RUANG TAMU -MALAM HARI
CAST :  IBU DAN BAPAK (50 DETIK)
BAPAK (VO)
Ibu pikir cari uang gampang? Tiap hari kerjaanya cuma minta uang saja,makanya si Panji itu ndak usah sekolah-sekolahan biar dia bantu bapak cari uang
IBU (VO)
Tapi kan kasian to pak, dia masih kecil dia belom pantas buat kerja harusnya sebagai orang tua kita yang cari nafkah buat dia.
(menangis)
BAPAK
Terus ibu mau manjain dia gitu? Kita itu orang miskin bu ndak usah manjain anak kaya begitu, ndak usah sekolah-sekolahan, pokoknya besok panji harus bantu bapak kerja!!!
IBU
Masya Allah pak, bapak kok yo keterlaluan to si panji itu masih kecil biarin dia ngejar impianya bukanya kerja banting tulang buat cari uang.
BAPAK
Hahhhh Ibu ini kalau dibilangin kok ngeyel , kalau ibu mau kelaparan ya suruh aja si panji sekolah
SCENE : 11
INT-KAMAR -MALAM HARI
CAST :  PANJI
(setelah mendengar pertengkaran Bapak dan Ibunya panji pun menghampiri ibunya dan memeluknya )
PANJI
Kasian ibu, gara-gara belain aku ibu jadi dimarahin sama bapak. Panji janji buk Panji akan bahagiain ibu suatu saat nanti,Panji janji…
IBU
(tersenyum dan memeluk Panji)
SCENE : 12
INT-TERAS-PAGI HARI (SUBUH)
CAST :  PANJI DAN TEMAN-TEMAN
PANJI
(Panji berjalan menuju sekolah tiba-tiba ditengah perjalanan dia dihampiri teman-temanya dan berangkat bersama tiba-tiba Bapak Panji datang dan memarahinya bahkan menyeretnya untuk Pulang.)

BAPAK
Heii..Panji mau kemana kamu? Pulang..!!!
Dasar anak kurang ajar, berani membangkang kamu ya sama orang tua,mau kamu jadi anak Durhaka
(sambil memukul panji dan meneriakinya)
PANJI
Maafin Panji pak,maafin Panji Panji Cuma ingin mengejar mimpi panji buat sekolah
BAPAK
Mimpi lah sekolah lah Bapak capek tau nggak denger kata-kata itu pokoknya kalau kamu masih nekat sekolah bapak akan kurung kamu dan ndak akan kasi kamu makan. Ngerti kamu..sudah Ndak ada sekolah-sekolahan cepat pulang
(sambil menyeret Tangan Panji)
PANJI
Ngak mau pak..
(sambil menagis tersedu-sedu)
(BEBERAPA TAHUN KEMUDIAN)
SCENE : 15
EXT-DANAU -PAGI HARI
CAST : PANJI
(Beberapa tahun kemudian Ibunya panji semakin tua, dan panji sudah bertahun-tahun tidak pulang tetapi tiba-tiba ada surat yang datang kerumahnya)
BAPAK
Bapak kan sudah bilang.. panji itu ndak usah disuruh sekolah kalau sudah Begini Ibu kan yang merasakan akibatnya sendiri, ibu jadi sakit gara-gara mikirin panji.
IBU
(hanya diam saja)
(tiba-tiba ditengah perbincangan mereka ada seseorang yang datang membawa sepucuk surat untuk mereka)
TUKANG POS
Assalamualaikum
BAPAK
Waalaikumsalam ada apa ya pak..
TUKANG POS
Ini ada surat untuk Bapak..
BAPAK
Iya –iya Terimakasih
SCENE : 16
INT-RUANG TAMU -PAGI HARI
CAST : PANJI,IBU DAN BAPAK
BAPAK
Buk kita dapat surat….
IBU
Dari siapa to pak..
BAPAK
Ndak tau bentar tak bukak’e dulu buk..
Walahhhh buk dari panji ternyata, dari anak kita
(sambil tersenyum sumpringah)
IBU
Ayo Pak dibaca Ibu mmau denger..




(VO)
 “ Pak, Bu bagaimana kabarnya,semoga aja
Bapak sama Ibu sehat disana Panji kangen sama kalian,Panji juga mau
Memberi kabar kalau Panji sekarang sudah wisuda dan Alhamdulilah
Panji menjadi lulusan terbaik bu disini dan panji juga
Dikontrak kerja dari berbagai persahaan
Panji mohon Bapak sama Ibu berkrnan hadir di acara
Wisudanya Panji. Panji sudah siapin sedikit uang untuk perjalananya Ibu sama Bapak,Panji minta maaf Pak Buk panji ndak bisa jemput langsung. Panji tunggu ya Buk Pak, Panji mohon kalian berkenan hadir panji sangat mengharapkan kehdiran kalian.
Salam kangen ya Pak Buk dari Panji”
BAPAK
Ternyata anak kita tidak melupakan kita buk, dia masih ingat sama kita
IBU
Iya Pak bener..
BAPAK
Ternyata Bapak salah melaraang panji sekolah,
Maafkan Bapak Panji karna Bapak telah melampiaskan kemarahaan bapak sama kamu bapak terlalu emosi karna dulu bapak juga dilarang sekolah sama kakek kamu dan sekarang bapak ngerti kalau pendidikan itu penting.
IBU
Sudah pak sudah, Penyesalan diakhir ndak ada gunanya, yang penting sekarang Panji sudah menjadi anak yang berhasil.sekarang yang paling penting kita harus siap-siap buat berangkat ke kota besok.kasian Panji kalau kita terlambat di acara wisudanya.

BAPAK DAN IBU
(Berpelukan)

35 komentar:

  1. aku juga ada cerita.
    tapi ngak taw mau ngirim kemana .ada yang tawngak

    BalasHapus
  2. tanks melisa atas ilmunya.
    saya juga ada cerita.pingin dimainkan juga atau dibuat filnya.bisa tolog bantu gak melisa.biar cerita saya bisa disalurkan

    BalasHapus
  3. Kirim ke blog aja kakak hehehe
    siapa tau banyak pembaca

    BalasHapus
  4. jangan lupa berkunjung kaka https://dualcardid.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  5. bedanya naskah sama skript itu apa ? apa sama aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah naskah itu cerita dari film yang akan kamu buat itu apa, seperti apa sedangakn Script itu penjabaranya dari cerita yang kamu buat, detail detail dari cerita yang kamu buat, misal dialognya, pergerakannya mimik wajah dll

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. gimana dgn penempatan pengambilan kameranya ya? seperti CU, MS, dkk? apakah di script tidak dimasukkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk pengambilan gambar bukan di script tapi di Rundown nah di rundown film akan ada beberapa aspek seperti durasi, posisi cameranya seperti apa, percakapan ini untuk durasi yang ke berapa jadi kalau masalah penempatan camera bisa di tempatkan di Rundown

      Hapus
  8. Bukannya naskah sama skenario itu sama?
    Orang theater kalo nyebut skenario itu naskah

    BalasHapus
  9. Mantap.. Kalo. Buat di word bisa ga min..?? Yang lain boleh bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Bisa kok di buat di word, cmn di script itu aja keterangan jarak text dari samping seberapa, dari atas seberapa,jarak dari tulisan atas dan bawah jaraknya berapa, yg pasti ribet aku udah agak lupa jarak jaraknya😁😁

      Hapus
  10. kak, izin pakek naskahnya untuk dibuat film ya kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok ram kita sama sama belajar kok kalau filmnya jadi jangan lupa share linknya kesini yaa

      Hapus
  11. Kakak cantik, mau ga jadi pacar aku?

    BalasHapus
  12. thanks ilmunya btw anak sastra indonesia ya?

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. nah breakdown itu sama kaya rundown , itu penjabaran dai naskah dan script yg telah kalian buat, misal adegan video dari menit keberapa adegannya gimana, mimik mukanya gimana,tempatnya atmosfirnya dll

      Hapus
  14. Keren kak! Membantu... Kebetulan ini lagi ribet ada tugas bikin script film :D :D

    BalasHapus
  15. Berarti dalam Script itu cuma ada dialog, ekspresi pemain dan keadaan sekitar pemain ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul di scrip cuman ada itu, nanti untuk durasi sama adegan lebih lengkapnya bisa kamu bikin rundown sama storyboard

      Hapus
  16. Script sama shooting script sama ga si min?

    BalasHapus
  17. Min script yg mimin buat dgn shooting script itu sama atau beda si min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak jauh beda, hanya shooting script itu kamu hanya perlu menambahkan type shoot cameranya misal WS, LS,MS,MCU,CU,XCU. Sedangkan angle antara lain : Low Angle, High Angle, Frog View, Over the Sholder(OS). Dan Camera Movement seperti : Zoom In, Zoom Out, Push Pull, Camera Track, Pulls Back. dan tentunya itu di diskusikan dengan sutradaranya, jadi istilah gampangnya di adegan demikian ,,,ditempat demikian bagusnya pake angel apa? gituhh

      Hapus
  18. izin copas ya buat referensi,mksih

    BalasHapus
  19. Maaf ka izin ka untuk membuat filmnya boleh tidak ka🙏

    BalasHapus
  20. Hai, Ka. Kenalkan nama saya Fahmy.
    Saya mau izin untuk pakai naskah Anda untuk dijadikan Audio Drama untuk tugas. Kemungkinan nanti ada beberapa part ditambah atau dikurangi. Nama Anda saya cantumkan di kredit title ataupun di awal sebagai naskah asli. :))

    BalasHapus